SELAMAT DATANG DI BLOGER KORAN MINGGUAN METRO X-TRIM PANCEN TENAN TABLOIDE WONG JAWA TIMUR NYEL

Selasa, 28 Desember 2010

Angkat Produk Lokal, Bangun Desa Wisata

Angkat Produk Lokal, Bangun Desa Wisata
Pemerintah Kabupetan Bojonegoro bakal menjadikan sejumlah desa di kecamatan-kecamatan menjadi desa wisata. Pencanangan desa wisata ini untuk mengangkat dan mempromosikan potensi yang ada di desa tersebut. “Sehingga produk-produk unggulan terangkat dan perekonomian masyarakat di desa dapat meningkat,” kata Bupati Suyoto ketika membuka Wood Fair 2010 di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota.

Menurut Suyoto, ada beberapa desa yang dicanangkan sebagai desa wisata. Yakni Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, yang memiliki potensi kerajinan kayu jati. Kemudian Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo dengan produk unggulan kerajinan gambol (tunggak) Jati, dan Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, yang memproduksi beraneka ragam souvenir dan meubel.

“Dengan menjadikan desa wisata ini para wisatawan dapat berwisata sambil mengunjungi produk-produk unggulan disini,” sergahnya.

Selain produk unggulan dari kayu jati, ada sejumlah desa yang berpotensi sekali untuk dijadikan desa wisata agrobisnis maupun peternakan. Sebut saja, Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu dengan budidaya blimbing. Juga desa-desa di wilayah Kecamatan Sekar yang sekarang ini mulai menanami lahan pekarangnya dengan rambutan, matoa, dan durian.

“Kita juga tengah menyiapkan desa wisata khusus peternakan kambing maupun sapi. Untuk tempatnya akan kita pusatkan didaerah pinggiran hutan,” jelas Kang Yoto.

Menurutnya, dengan membangun desa wisata ini dipastikan menumbuhkan usaha baru di tingkat desa. Baik dibidang jasa maupun kegiatan lainnya dalam menunjang desa wisata tersebut. Sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini akan menguatkan ekonomi desa untuk menyangga perekonomian ditingkat kota. Sehingga tidak ada ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara perkotaan dan desa,” pungkasnya.

Yudhi Madjid, salah satu perajin Desa Sukorejo, sangat mendukung rencana pemerintah kabupaten untuk menjadikan desa-desa potensi sebagai desa wisata. Menurut dia, dengan cara ini produk unggulan yang ada dimasing-masing desa akan terangkat dan dikenal masyarakat luas.

“Saya harapkan pihak perbankan maupun swasta lainnya dapat mendukung rencana (Desa Wisata) ini sehingga produk unggulan Bojonegoro dapat terus berkembang,” sambungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar