SELAMAT DATANG DI BLOGER KORAN MINGGUAN METRO X-TRIM PANCEN TENAN TABLOIDE WONG JAWA TIMUR NYEL

Sabtu, 08 Januari 2011

Menhut Bantu 100 KBR

Mentri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan, berjanji tahun 2011 ini memberikan bantuan 100 kebun bibit rakyat (KBR) pada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Bantuan ini untuk mendukung program Indonesia Hijau.

“Karena budaya menanam masyarakat Bojonegoro sudah tinggi kita akan menambah KBR disini,” kata Zulkifli Hasan, disela-sela gerakan penanaman satu milyar pohon di Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (05/01/2011).

Dijelaskan, KBR ini merupakan salah satu program kementrian kehutanan dalam membangun hutan hijau di Indonesia dengan melibatkan masyarakat dan unsure yang ada. Untuk program ini, masing-masing KBR nantinya akan memperoleh bantuan 50 ribu bibit. Selain mendapatkan bantuan bibit, setiap kelompok yang mengelola KBR ini juga akan mendapatkan bantuan biaya perawatan.

“Tapi jumlanya tidak banyak (anggaran perawatan). Nananti anggaran langsung diterimakan pada kelompok,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Suyoto, menyambut baik dengan program KBR ini. Pasalnya, program tersebut dapat mencukupi kebutuhan bibit untuk lahan hutan maupun lahan rakyat yang masih kosong.

“Sekarang ini kita baru memiliki 40 KBR. Dengan tambahan ini berarti disetiap desa nantinya ada KBR,” sambung Kang Yoto.

Ditambahkan, sampai saat ini lahan hutan Negara yang masih kosong mencapai 7.700 ha. Sedangkan tanah kosong diluar kawasan hutan seluas 12.232 ha.

“Saya optimis dengan tambahan KBR ini akan mampu mengatasi lahan kosong disini,” pungkasnya.

Untuk mengatasi lahan kosong diwilayah Bojonegoro, pemkab telah melakukan beberapa program penghijauan bersama masyarakat, ormas dan lembaga sawsata. Diantaranya reboisasi lahan seluas 5069 ha di 7 KPH, diluar kawasan hutan sebanyak 251 ribu batang.

Selain itu, juga mendirikan posko penampungan bantuan bibit dari pihak swasta, gerakan menamam 1 milyar pohon dan perempuan menanam dalam program konservasi lingkungan berbasih hutan rakyat. Program ini dilaksanakan Pemkab Bojonegoro bekerjasama dengan Mobil Cepu Limited (MCL) dan IDFoS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar